GAJI VS KERJA - بسم الله الرحمن الرحيم
Headlines :
Home » , » GAJI VS KERJA

GAJI VS KERJA

Ditulis Oleh IRHAS Pada Hari Kamis, 11 Oktober 2012 | 15.25


Berapa gaji anda satu bulan? Dari nilai gaji satu bulan itu, pernahkah kita menghitung berapa kita dibayar dalam satu hari, satu jam dan satu menit?

Hal ini bukan bertujuan agar kita menghitung berapa jasa kita dihargai, tapi lebih dari itu agar kita bertanya kepada diri kita apa dan berapa kontribusi yang kita berikan kepada pekerjaan kita perbulan, perhari, perjam dan sampai per menitnya?.

Jika kita mampu menghitungnya, maka paling tidak kita akan menyadari bahwa betapa pentingnya nilai waktu bagi kita. Kita dihargai berdasarkan waktu. Mungkin kita belum menyadari bahwa ketika kita tidak melakukan pekerjaan atau mangkir dari pekerjaan, sebenarnya kita sedang tidak menerima penghargaan kita sebesar nominal yang kita mangkir tersebut.

Berikut ini saya lampirkan contoh penghitungan nilai gaji berdasarkan waktu perbulan, perhari, perjam dan permenit. Penghitungan ini didasarkan kepada asumsi waktu bekerja satu bulan sebanyak dua puluh lima hari, satu harinya delapan jam.


Sebagai contoh, jika kita diberi gaji perbulannya satu juta rupiah, maka nilai gaji kita satu hari adalah empat puluh ribu rupiah; satu jam lima ribu rupiah; dan satu menit delapan puluh tiga rupiah. Silakan hitung sendiri berapa nilai gaji kita perjam, permenit dan perdetiknya, tergantung jumlah gaji kita perbulannya.

Tapi, jangan berhenti sampai di sini. Tanyakan juga kepada diri kita pernahkan kita mangkir atau tidak masuk bekerja selama kurun waktu tertentu, satu hari, satu jam, atau bahkan satu menit. Atau ketika kita terlambat masuk bekerja selama kurun waktu tertentu tersebut. Ketika kita tidak bekerja, mangkir dari pekerjaan kita atau terlambat masuk bekerja selama satu jam saja dalam satu bulan, maka kita akan tahu bahwa kita menerima bayaran yang tidak kita kerjakan sebanyak lima ribu rupiah.

Namun, jika kita tidak bekerja dalam satu hari, angka itu akan menjadi empat puluh ribu rupiah. Dalam satu tahun, nilai uang yang kita terima—sementara kita tidak melakukan pekerjaan itu—adalah empat ratus delapan puluh ribu rupiah. Jika kita telah melakukan hal itu selama sepuluh tahun pekerjaan kita, maka kita telah menikmati uang yang tidak kita kerjakan senilai empat juta delapan ratus ribu rupiah.

Dari keterangan di atas kita bisa membawakannya kepada diri kita masing-masing. Berapa nilai gaji yang kita terima; berapa nilai gaji yang kita terima sementara tidak kita kerjakan. Berapa jumlahnya selama satu bulan, satu tahun, sampai berapa tahun kita telah bekerja? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Semoga bermanfaat! 

Baca Juga

Bagikan Ke Sosial Media :

3 komentar:

POPULER SAAT INI

Sesudah Ramadhan

INGAT WAKTU SHALAT

KALENDER HIJRIYAH


 
Copyright © 2013. بسم الله الرحمن الرحيم - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
Terima Kasih Sudah Berkunjung
Yang Menarik Lainnya close button minimize button maximize button