Catatan Pasca #SuperBlueBloodMoon: Keramaian (Sesaat) Masjid Serta Viralnya Video dan Foto di Sosmed

Trending Topic di Twitter
Peristiwa gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 31 Januari 2018, yang disebut juga dengan istilah #SuperBlueBloodMoon, menyisakan banyak cerita. Di antara cerita menyenangkannya adalah banyak masjid dan mushalla yang menyelenggarakan shalat sunat gerhana bulan. Bahkan, keramaian masjid sudah mulai tampak semenjak shalat Magrib. Sehingga berbeda dari shalat Magrib di hari yang lain. Puncaknya, jamaah memadati masjid dan mushalla pada waktu Isya agar dapat melaksanakan shalat sunat yang jarang ada kesempatan seperti ini.

Sayangnya, dan cerita tidak menariknya, masjid kembali sepi di waktu Magrib dan Isya hari ini. Haruskah ada gerhana atau kejadian lain setiap malam agar tempat ibadah menjadi ramai? Pertanyaan yang sama juga pernah muncul dalam benak saya seperti keramaian masjid saat ada shalat jenazah. Apakah harus ada yang meninggal dunia di kampung itu setiap hari agar jam’ah ramai datang ke masjid. Pertanyaan terakhir mungkin tidak nyaman didengar oleh sebagian orang. Tapi, itu hanya terlintas di pikiran saja.

Cerita menarik lain yang berkembang di medsos adalah viralnya tayangan video gerhana bulan di twitter. Video berdurasi 59 detik tersebut berisi rekaman gerhana semenjak mulai nampak sampai berakhirnya gerhana. Yang membuat nettizen banyak bertasbih memuji Tuhan Pencipta dan Pemelihara alam semesta ini adalah ketika melihat tampilan gerhana total dengan tampilan bulan berwarna merah (bloodmoon) yang sangat indah. Rabbana ma khalaqta hadza bathila subhanaka faqina 'adzabannar. Di akun twitter milik @papua_satu sudah ditweet ulang lebih dari 830 kali. Berikut ditayangkan video yang dimaksud. Selamat menyaksikan.



Sedangkan di antara foto yang paling menarik menurut Saya yang beredar di media sosial adalah foto yang diunggah oleh akun instagram @wizdan_inst. Meskipun dalam keterangan foto itu tertulis bahwa foto itu adalah editan dengan lokasi foto tugu Yogyakarta, namun tidak sedikit di antara nettizan yang memberikan komentar pujian betapa indahnya foto (editan) itu.


Credit Foto: Captured from @wizdan_inst




Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes