Cara Pengisian Nilai Di Aplikasi Siakad

Saat ini STAIN Gajah Putih telah meluncurkan aplikasi baru untuk input nilai semester bagi dosen. Artinya, mulai semester ganjil ini nilai di aplikasi Siakad tidak lagi diinput oleh Program Studi, melainkan diinput oleh dosen pengampu ke aplikasi Siakad.

Karena aplikasi ini baru bagi dosen, maka perlu dijelaskan tata cara pengisian (input) nilai ke aplikasi ini. Silakan ikuti cara berikut ini:

1. Buka halaman aplikasi Siakad di sia.stain-gp.ac.id pada browser. Akan tampil seperti di bawah ini.


Ada tiga kotak pada tampilan ini. Kotak pertama adalah informasi tentang aplikasi. Kotak kedua di tengah, berisi pengumuman dan informasi seputar kampus. Kotak ketiga, di kanan, adalah kotak untuk masuk ke aplikasi.

2. Untuk masuk (log in) ke aplikasi dosen, masukkan di kotak login sistem username. Username adalah namadosen@stain-gp.ac.id. Password dapat diminta ke koordinator prodi masing-masing homebase dosen.
3. Setelah masuk, akan tampil di halaman utama (dashboard) rangkuman informasi dosen pada semester berjalan berupa jumlah SKS yang diampu (nomor satu warna kuning), jumlah mata kuliah (nomnor dua), jumlah kelas (nomor 3), jumlah lokal yang diampu (nomor 3) dan jumlah mahasiswa wali yang menjadi tanggung jawab selaku dosen Penasehat Akademik (PA) (nomor 4)


4. Menu pada aplikasi ini ada pada bagian kiri. Ada tiga menu utama yaitu dashboard, perkuliahan dan chatting/message. Untuk keperluan input nilai mata kuliah, maka klik bagian perkuliahan. Pada bagian perkuliahan ini ada enam sub menu yaitu mahasiswa perwalian, pengoreksian KRS, nilai perkuliahan, roster perkuliahan, modul bahan ajar dan skripsi/kerja praktek. Pengisian nilai ada pada sum menu ketiga yaitu nilai perkuliahan.

5. Pada submenu nilai perkuliahan akan tampil semua mata kuliah yang diampu pada semester berjalan. Untuk memasukkan nilai, klik tanda kaca pembesar pada bagian ujung kolom. Akan tampil gambar seperti di bawah ini.


6. Pada halaman ini, dosen dapat sudah dapat memasukkan nilai setiap mahasiswa dengan klik bagian kotak kecil bergambar pencil di baris paling ujung setiap nama mahasiswa. Selanjutnya simpan dengan klik gambar disket (tanda panah warna kuning).

Namun, jika ingin memasukkan nilai semua mahasiswa, dan ini lebih praktis dibanding cara pertama, klik input nilai kelompok belajar yang berwarna biru (tanda panah warna merah). Selanjutnya isi nilai setiap mahasiswa. Setelah semua mahasiswa terisi, tutup halaman itu dengan klik tanda silang di kotak ujung kanan atas. Nilai sudah tersimpan pada sistem. Artinya sudah selesai input nilai satu kelas belajar. Jika ingin menyimpan nilai yang telah dimasukkan ke dalam format excel secara terpisah, klik export nilai Unit/ Kelompok ke Excel (tanda panah warna ungu)

7. Jika ingin input nilai yang lain, kembali ke bagian daftar kelas yang akan diinput nilainya. (langkah nomor lima). Begitu seterusnya sampai selesai.

8. Jika bekerja di komputer umum, bukan komputer pribadi, sebaiknya Anda keluar dengan klik bagian log out pada kanan atas. Pada bagian ini juga ada ganti password agar akun Anda tidak dapat dibobol oleh mahasiswa (tanda panah warna kuning pada gambar 4)


Demikian semoga dapat membantu.

Share this:

1 comment :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes