Gol Dari Titik Putih


Saya penikmat pertandingan sepak bola di televisi. Tadi Malam (Senin, 28/10), pertandingan yang saya saksikan di layar kaca adalah antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta dengan skor 2-0 untuk kemenangan Persib dilanjutkan dengan Arema FC kontra Semen Padang (SP) dengan skor 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Hasil akhir dari pertandingan itu tidak menambah poin kedua tim tamu. Persija 24 poin dan Semen padang 22 poin.

Dari pertandingan terakhir ini saya merasa kasihan dengan tim tamu yang sudah tiga kali mengalami kekalahan beruntun setelah sebelumnya selalu mendapat poin untuk berusaha bangkit dari dasar klasemen.

Semua pihak tentu harus menghormati keputusan wasit dan menerima hasil pertandingan apa adanya. Namun dari beberapa kasus hukuman tendangan penalti yang ada di liga 1, agaknya paling banyak diberikan kepada tim tamu. Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri bagi tim tuan rumah.

Dari pertandingan sebulan terakhir sejak tanggal 29 September 2019 sampai pertandingan tadi malam 28 Oktober 2019, ada 11 pertandingan yang diwarnai dengan gol dari titik putih. Dari 11 pertandingan itu hanya ada satu tim tamu yang mencetak gol dari hukuman tendangan pinalti yaitu tim Persebaya Surabaya ketika dijamu tim Persib Bandung. Selebihnya, sebanyak 10 kali gol tercipta dari hukuman tendangan pinalti diterima oleh tim tamu.

Tulisan ini mungkin bisa jadi evaluasi tersendiri bagi tim yang akan berlaga di liga untuk lebih berhati-hati ketika menghadapi serangan tim lawan. Juga bisa menjadi evaluasi bagi penyelenggara pertandingan.


Gambar: WikiHow
Berikut ini 10 gol dari titik putik yang berkontribusi pada kemenangan tim tuan rumah. 

Pertama, pertandingan tanggal 29 September 2019 antara Bali United dengan Kalteng Putra dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya skor imbang 1-1 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 36. Skor itu bertahan sampai akhir pertandingan.

Kedua, pertandingan tanggal 2 Oktober 2019 antara Persipura Jayapura dengan TR-Kabo dengan skor akhir 3-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Gol pinalti terjadi pada masa tambahan waktu yaitu menit 90+1.

Ketiga, pertandingan tanggal 5 Oktober 2019 antara Madura United dengan Persib Bandung dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya skor imbang 1-1 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 64. Skor itu bertahan sampai akhir pertandingan.

Keempat, pertandingan tanggal 16 Oktober 2019 antara PSM Makassar dengan Arema FC dengan skor akhir 6-2 untuk kemenangan tim tuan rumah. Gol pinalti mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke 38.

Kelima, masih pada pertandingan tanggal 16 Oktober 2019 antara Persija Jakarta dengan Semen Padang dengan skor akhir 1-2 untuk kemenangan tim tamu. Sebelumnya skor imbang 0-0 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 16 oleh tim tuan rumah. Skor 1-0 itu bertahan sampai paruh pertama pertandingan. Namun skor berubah menjadi 1-2 pada paruh kedua sehingga membuahkan kemenangan untuk tim tamu.

Keenam, pertandingan tanggal 18 Oktober 2019 antara Barito Putra dengan Perseru dengan skor akhir 4-1 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya skor imbang 0-0 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 10 yang mengubah skor menjadi 1-0.

Ketujuh, pertandingan tanggal 24 Oktober 2019 antara PSM Makassar dengan Madura United dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya skor imbang 0-0 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 58. Skor 1-0 bertahan sampai akhir pertandingan.

Kedelapan, pertandingan tanggal 27 Oktober 2019 antara Kalteng Putra dengan Persela dengan skor akhir 2-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya skor imbang 0-0 sampai ada gol pembuka dari titik putih pada menit ke 28.

Kesembilan, masih pertandingan tanggal 27 Oktober 2019 tapi antara Bali United dengan Barito Putra dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya tim tuan rumah tertinggal 0-1 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 14.

Terakhir, pertandingan tanggal 28 Oktober 2019 antara Arema FC dengan Semen Padang dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Sebelumnya skor imbang 0-0 sampai ada gol dari titik putih pada menit ke 79. Skor itu bertahan sampai akhir pertandingan.

Demikian komentar tentang gol kemenangan tim tuan rumah dari titik putih yang terjadi selama sebulan ini.

Data didapatkan dari rekapitulasi pertandingan di google. Tidak ditemukan data yang menyebutkan jenis pelanggaran apa yang dilakukan oleh tim tamu.

Sebagai informasi tambahan, saya orang Sumatera Barat (Sumbar). Tentu senang melihat tim Sumbar seperti SP berlaga. Namun, rasa iba muncul ketika kekalahan di paruh akhir itu disebabkan oleh gol tunggal melalui eksekusi dari titik putih.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes