Peluang Semen Padang Untuk Bertahan di Liga 1 Musim 2017-2018

Peluang Semen Padang FC untuk bertahan di kasta/level tertinggi liga sepakbola Indonesia terancam pasca kekalahan telak dari PSM Makassar. Sampai kekan ke-27, tim Kabau Sirah terperosok empat baris dari bawah di tangga klasemen sementara. Poin tim kesayangan Urang Awak ini saat ini adalah 28 poin. Terpaut tiga poin dari zona degradasi yang saat ini dihuni oleh Perseru.  Jika tidak ada kemenangan di empat pertandingan kandang tersisa, sementara jika Perseru bisa memenangkan satu laga plus satu seri, maka Semen Padang berpotensi menemani Persegres ke liga 2.
Hasil gambar

Saat ini Persegres dengan perolehan 10 poin sudah dapat “dipastikan” berlabuh di Liga 2. Andai persegres memenangkan 7 laga tersisa, maka tambahan 21 poin belum bisa menyelamatkan mereka dari nasib ini. Apalagi ada tim papan atas yang akan mereka hadapi seperti Mitra Kukar (saat ini di posisi 9), Persija (saat ini di posisi 6) dan Arema (saat ini di posisi 7).

Beranjak satu tingkat dari dasar klasemen ada Persiba yang sampai pekan ke-27 mengoleksi poin 20. Jika berhasil memenangkan 4 laga tersisa, maka jumlah poin persiba akan naik menjadi 32. Namun itu sangat kecil kemungkinannya sebab tim yang akan mereka hadapi adalah penghuni urutan satu dua dan tiga klasemen, kecuali Barito Putra. Dua laga kandangnya akan berhadapan dengan Bali United (saat ini posisi runner up) dan Barito Putra (saat ini posisi 8). Sedangan dua laga tandang akan berhadapan dengan Pimpinan Klasemen Bhayangkara dan PSM Makassar (saat ini posisi 3 ) di laga terakhir.

Tim yang memang akan sangat mengancam keberadaan Semen Padang FC adalah Perseru yang saat ini memiliki poin 20. Di Pekan ke-28 mereka akan bertandang ke markas PS TNI. PS TNI sendiri saat ini juga sedang berjuang dari kejaran Semen Padang dan Perseru. Maka pertandingan PS TNI versus Perseru ini akan menjadi momen yang sangat menentukan untuk dapat mengambil alih urutan klasemen bagi kedua tim ini.

Tim yang di pekan ke-27 kemaren berhasil meraih tiga poin setelah menaklukkan Arema di kandangnya ini berpotensi juga meraih kemenangan kandang ketika melawan Sriwijaya—yang terpaut 10 poin dari Arema yang baru saja mereka kalahkan—di pekan ke-29 nanti. Pekan ke-30 Perseru juga berpotensi menang menghadapi tim di dasar klasemen Persegres kendatipun itu adalah di kandang Persegres. Laga terakhir Perseru adalah derby Papua mungkin saja akan dimenangkan oleh Persipura. Namun, bola itu bundar. Derby dihelat di Serui bukan di Sriwijaya.

Jika dibandingkan kondisi Perseru dengan Semen Padang FC, maka lima dari tujuh sisa laga Semen Padang adalah laga berat. Dua pertandingan kandang yang agak berat adalah berhadapan dengan Madura United pada tanggal 6 Oktober 18.30 dan menjamu Mitra Kukar 19 Oktober pukul 15.00. Jika nilai maksimal 6 poin dapat diraih dengan 2 pertandingan ini maka poin Semen Padang akan naik menjadi 34 poin. Kemungkinan menang berhadapan dua tim ini agak sulit. Data dari empat laga kandang terakhir, Semen Padang tidak pernah memetik kemenangan. Satu seri dan tiga menelan kekalahan. Tuah “bagak”  kandang tidak ada lagi dimiliki oleh tim ini.

Dua laga kandang lainnya adalah perjuangan hidup mati dua tim untuk dapat memangkas poin sekaligus memperlebar jarak. Kali ini Semen Padang bertindak sebagai tuan rumah menjamu tim tamu Perseru. Laga pekan ke-32 ini adalah kans terbesar yang dimiliki semen padang untuk dapat memperlebar jarak dengan Perseru. Kemungkinan laga ini dapat dimenangkan oleh Semen Padang.
Satu laga kandang tersisa adalah pada pekan ke-34 menjamu PS TNI yang pada pekan ke-27 ini unggul 2 poin dari Semen Padang. Laga ini juga adalan Kans terbesar kedua Kabau Sirah untuk naik ke tangga klasemen dan dapat memangkas jarak dengan PS TNI. Tapi, baik PS TNI dan Perseru tentu kedua tim ini, tidak akan dengan dengan gampang juga bisa dikalahkan. Karena kedua tim ini juga ingin selamat dari zona Degradasi.

Sementara itu, di tiga sisa laga tandang Semen Padang akan menghadapi Persela dan Persija dan Arema. Persela sendiri dengan raihan 33 poin saat ini hanya butuh 14 poin saja untuk bisa bertahan di Liga 1. Pada pekan ke-27 ini, selisih gol yang mereka dapatkan juga berimbang dengan 40 skor dan 39 kemasukkan. Menguntit di bawahnya Sriwijaya dengan torehan 31 poin. Tiga dari empat laga kandang yang dilakoni Persela menghasilkan poin penuh. Bahkan pada pekan ke-27 kemaren, tim ini berhasil mencukur Persegres dengan skor 7-1. Peluang Semen Padang untuk memenangkan pertandingan ini sangat tipis dan begitu juga untuk meraih hasil seri.

Di pekan ke-31, Semen Padang akan dijamu oleh Persija. Persija sendiri saat ini ada pada level aman di papan tengah klasemen dengan raihan 46 poin. Mereka terpaut sepuluh poin dari pemuncak klasemen saat ini. Peluang Semen Padang meraih kemenangan juga sangat tipis. Begitu juga untuk meraih hasil seri.

Di pekan ke-33, 4 November 2017, Semen Padang akan bertandang ke Malang menghadapi Arema. Sampai pekan ke-27 ini, Arema berada pada urutan ke-7 klasemen dengan jumlah poin 41. Terpaut satu peringkat dari Persija. Kans Semen Padang untuk menang di Malang agak kecil.

Mau tidak mau, suka tidak suka, pilihan agar tetap bertahan di Liga 1 adalah dengan meraih poin sempurna di empat laga kandang. Jika poin penuh di empat laga kandang dapt diraih, maka jumlah poin Semen Padang akan menjadi 40 poin. Jika tidak, maka saatnya tim kesayangan Urang Awak ini akan berlabuh di Liga 2. Semoga kans untuk bertahan itu terwujud dengan semagat tim dan do’a serta dukungan dari masyarakat pendukung Semen Padang FC. 

Share this:

1 comment :

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes