Semen Padang VS Perseru: Menang atau Turun Ke Liga 2

Gambar: FB Semen Padang Football Club
Sabtu, 28 Oktober 2017 akan dihelat pertandingan penentu bagi tim Semen Padang FC. Pertandingan ini akan menjadi laga penentu bagi Semen Padang untuk bisa bertahan di kompetisi Liga 1. Begitu pentingnya laga ini bagi Semen Padang (SP), mereka menggratiskan tiket masuk bagi pendukung yang memakai baju merah. Dikatakan penentu karena SP saat ini bertengger di posisi nomor tiga di bawah klasemen. Ini adalah zona degradasi. Jumlah poin mereka saat ini adalah 29 poin. Mereka terpaut dua poin dari calon lawan. Perseru, yang berada di zona aman terakhir dengan poin 31. Jika menang melawan Perseru, maka SP akan unggul 1 poin dari Perseru dengan raihan poin 32.

Setelah pertandingan melawan Perseru, tersisa dua pertandingan lagi. Satu tandang melawan Arema FC yang besar kemungkinan dimenangkan oleh tuan rumah. Pertandingan terakhir SP akan menjamu PS TNI di Gor H. Agus Salim Padang. Jika pada pertandingan terakhir ini SP menang, maka dengan total 35 point SP finis di dasar klasemen dan akan bertahan di Liga 1 musim depan.

Sementara bagi Perseru jika menang melawan SP pekan ini, maka dapat dikatakan tim ini akan tetap di Liga 1 musim depan. Tim asal Papua ini sebelumnya menang dalam derby Papua menghadapi Persipura yang sudah menyerah untuk bersaing menjadi Kampiun Liga 1 musim ini. Namun, jika kalah melawan SP pekan ini, asa Perseru masih ada ketika pertandingan berikutnya melawan Borneo FC. Menggunakan logika sederhana saja, jika Persipura yang unggul 4 baris di atas Borneo FC saja bisa mereka kalahkan, apalagi Borneo FC yang juga bukan tim sesama Papua. Namun, bola itu bundar. Dia bisa saja menggelinding ke sisi lain. Laga terakhir kompetisi musim ini Perseru akan bertandang ke markas Persib Bandung tanggal 11 November 2017.
Berikut simulasi yang berdasarkan prediksi biar bisa bertahan di liga 1 bagi SP.

Pekan
Poin SP
Poin Perseru
32
VS Perseru di Padang, SP menang. Poin 32
VS SP di Padang, Perseru kalah. Poin 31
33
VS Arema di Malang, SP kalah. Poin 32
VS Borneo FC di Serui, Imbang. Poin 32
Jika menang, poin 35
34
VS PS TNI di Padang, SP menang. Poin 35
Jika seri, maka poin 33
VS Persib di Bandung, Perseru kalah. Poin seperti di atas. 32 atau 35


Berdasarkan tabel di atas, maka untuk bisa bertahan di Liga 1 musim depan, SP harus berjuang dengan memenangkan 2 laga kandang dan meraih hasil seri 1 laga tandang. Jika ini berhasil, maka SP akan finish dengan 36 poin. Ini cukup membuat mereka bertahan jika Perseru hanya menang satu kali dari tiga laga sisa. Namun jika perseru sempat menang dua laga sisa, maka Perseru yang bertahan di Liga 1. Agar tidak bergantung kepada hasil Perseru bertanding di dua sisa laga, maka pilihan yang paling masuk akal bagi SP adalah menang minimal melawan Perseru dan PS TNI. Agar tidak diadu selisih poin, andai Perseru juga finish dengan poin 35, maka SP harus berusaha menang banyak di kandang dan berusaha tidak kebobolan banyak di Malang. Karena saat ini SP juga kalah produktifitas gol dari Perseru yang unggul 9 gol.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes