Era Disrupsi Dalam Bidang Pendidikan

Orang menyebut era sekarang dengan era globalisasi dan era pasar bebas. Ada era lain yang lebih “berbahaya” dari keduanya yaitu era disrupsi (disruption era). Yaitu terjadinya perubahan yang sangat radikal menembus tantangan dan hambatan. Yang paling parah dari era ini adalah terjadinya penjungkirbalikan sistem dan tatanan yang dianggap mapan dan sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun sebelumnya, berganti dengan sistem baru yang dilakukan oleh anak-anak muda.

Sebagai contoh, di kota-kota besar bahkan ada yang sampai pelosok kota kecil, ada Gojek, Grab dan Uber. Berpeluh-puluh tahun sebelumnya sudah ada ojek. Lalu muncul anak muda yang bernama Nadiem Makarim membuat aplikasi gojek. Dia menjadi pengusaha ojek terbesar di Indonesia tanpa memiliki satupun aramada ojek. Taksi sudah ada dan dikenal masyarakat di dunia sejak lama. Tiba-tiba muncul grab dan uber menjadi pengusaha taksi terbesar di dunia tanpa memiliki satu armada taksipun. Konglomerat dunia punya banyak hotel. Lalu muncul anak muda yang yang mendirikan Airbnb tanpa punya satu kamar hotelpun.

Di Tiongkok ada seorang anak muda yang berpuluh tahun melamar pekerjaan pekerjaan tidak diterima. Hingga suatu kali ada lowongan pekerjaan di CFC. Perusahaan ini membutuhkan 24 tenaga kerja baru. Ada 24 pendaftar yang terseleksi. Namun yang diterima hanya 23. Satu orang yang tidak diterima itu adalah dirinya. Lalu, Jack MA memutuskan untuk belajar dua hal yaitu belajar IT dan belajar Bahasa Inggris. Karena punya kesulitan secara ekonomi, dia belajar Bahasa Inggris secara gratis dengan pergi ke hotel yang banyak dikunjungi turis. Setelah bisa berbahasa Inggris, ia menjadi guru bahasa Inggris. Untuk mengatasi kendala belajar bahasa Inggris, maka dibuatnya sistem aplikasi terjemahan dari bahasa Mandarin ke Inggris. Respon pengguna terhadap aplikasi ini sangat bagus. Selanjutnya dia menciptakan aplikasi e-commerce Alibaba. Sekarang dia dikenal sebagai salah satu orang terkaya.

Contoh lain Mark Zuckerberg yang akhirnya berhenti kuliah karena harus memilih mengembangkan penelitian dan bisnisnya facebook. Betapa saat ini facebook berkembang sebagai bagian dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan internet. Ia juga termasuk satu di antara orang kaya di dunia.

Era Disrupsi Pada Dunia Pendidikan

Universitas pertama muncul dan merupakan universitas tertua di dunia adalah Universitas Al-Qarawiyyun di Maroko. Universitas ini didirikan oleh Fatimah al-Fihri pada abad kedelapan masehi. Universitas ini lebih tua seabad dibandingkan al-Azhar di Mesir yang berdiri pada abad kesembilan masehi.

Di Amerika, butuh waktu beratus tahun untuk menjadikan Oxford, Cambridge dan Harvard University menjadi perguruan tinggi yang mapan dan terkenal. Universitas ini muncul pada abad kesebelas sampai kedua belas masehi, namun baru menjadi universitas yang hebat pada abad kelima belas.

Di era disrupsi sekarang cukup butuh waktu berpuluh tahun untuk menjadi perguruan tinggi yang hebat. Nanyang Technology University adalah universitas tercepat, termuda dan terbaik di dunia. Universitas ini baru berdiri tahun 1991. Di Indonesia tahun 2006 muncul Universitas Multimedia Nusantara yang saat ini akreditasi institusinya A dan hampir semua prodinya terkareditasi A. Binus University awalnya adalah sebuah lembaga kursus di garasi. Namun sekarang akreditasi institusinya A dan mayoritas prodinya terakreditas A. Saya yakin, jika STAIN Gajah Putih di-treatment beberapa tahun ke depan, minimal akan mendapatkan akreditasi B baik untuk institusi maupun prodinya.

Itulah hantaran yang disampaikan Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag, Wakil Rektor I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam acara Workshop Perumusan Kurikulum KKNI di STAIN Gajah Putih Takengon pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2017.





Share this:

1 comment :

  1. Aamiin untuk semua doa kebaikannya.terima kasih juga infonya.

    ReplyDelete

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes