Negara dan Konstitusi*

Oleh: Syahri Gunawan NA
Mhs. Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir STAIN Gajah Putih Takengon


Negara merupakan bentuk organisasi yang ada dalam kehidupan masyarakat. pada prinsipnya masyarakat menjadi angota dari suatu negara yang harus tunduk kepada kekuasaan negara  sifat organsasi  negara ialah mencakup semua orang orang yang ada di wilayahnya.
Dan negara tersebut memiliki tanggung jawab dan kewajiban terhadap orang –orang yang berada di negara tersebut sebagai angota negara. Masyakat yang berperan sebagai anggota negara ingin mewujudkan negara yang tentram, damai,sejahtra dan tertib.tanpa usaha dan upaya,keinginan masyarakat yang seperti ini tidak akan dapat terwujud.oleh karna itu diadakan sistem organasi negara sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan suatu negara yang madani.
Negara adalah suatu organisasi diantara kelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah (territoir) tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa klompok manusia.
Pendapat lain tentang negara oleh O.Notohamidjojo, bahwa negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya. Sedangkan menurut soekarno negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu di mana kekuasaan negara berlaku sepenhnya sebagai souverein.
Rakyat di suatu negara dapat di bedakan antara penduduk dan bukan penduduk. Penduduk adalah orang yang bertempat tinggal di negara tersebut. Sedangkan yang bukan penduduk adalah orang yang tinggal di suatu negara yang hanya sementarawaktu saja,  dan bukan maksud untuk menetap untuk tinggal.
Dan untuk aceh tengah saya harapkan untuk mendapatkan pemimpin yang dapat mengayomi masyarakat-masyarakat miskin yang penghasilan nya termasuk sangat minim oleh karna itu saya harapkan agar membentuk kader-kader pemerintah yang memiliki sifat jujur dan adil sebagai penguasa dalam bidang apapun agar tidak ada kejahatan yang terjadi kejahatan di kalangan pemerintahan  seperti korupsi dan sistem kapitalis.
Dan saya berharap agar pemerintah dapat membuka lapangan pekerjaan agar dapat membantu sedikit orang-orang yang ada di daerah kita ini khusus nya aceh tengah, dan semoga pemerintah aceh tengah lebih mengalak kan kegiatan mengaji (kajian islam) yang terbuka untuk umum dan gratis tentunya agar masyarakat tidak terbebani dengan biaya tersebut.
Barakallaahu fiikum 

____
*Tulisan ini adalah untuk melengkapi tugas Civic Education

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes