Visi Demokrasi Indonesia Untuk Masa Depan Lebih Baik*

Oleh Bayakmi
Mhs. Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir STAIN Gajah Putih Takengon

Visi adalah wawasan ke depan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu, bersifat kearifan intuitif yang menyentuh hati dan menggerakkan jiwa untuk berbuat. Visi berbangsa merupakan sebagai sumber inspirasi, motivasi, dan kreatifitas yang menggerakkan proses panyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan masa depan yang dicita-citakan.
Penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara diorientasikan ke arah perwujudan visi tersebut. Karna pada hakikatnya hal itu merupakan penegasan cita-cita bersama seluruh rakyat. Visi Indonesia didasari dan diilhamkan oleh cita-cita luhur yang telah digariskan oleh para pendiri negara, sebagaimana telah termaktup dalam UUD 1945. Untuk lebih menjelaskan upaya pencapaian cita-cita luhur bangsa perlu dirumuskan  dalam sebuah visi di antara yang telah disebutkan dalam visi Indonesia 2020.

Visi Indonesia 2020
Visi Indonesia 2020 mencakup seluruh  aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu dengan memperhatikan tantangan yang akan dihadapi saat ini dan masa yang akan datang. Visi Indonesia 2020 dirumuskan dengan maksud menjadi pedoman untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Visi Indonesia 2020 dirumuskan dengan tujuan agar menjadi sumber inspirasi, motivasi, kreativitas, serta arah kebijakan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Visi Indonesia 2020 yaitu mewujudkan masyarakat indonesia yang religius, manusiawi, demokratis, adil, sejahtera, maju, mandiri serta baik dan bersih dalam meyenggarakan negara.
Dalam mewujudkan visi Indonesia 2020 bangsa dan negara menghadapi berbagai tantangan, keadaan, dan perubahan masa depan baik dari dalam maupun dari luar. Di antara tantangan itu adalah pemantapan persatuan dan kesatuan bangsa, sistem hukum yang adil, sistem politik yang demokratis, sistem ekonomi yang adil dan produktif, sistem sosial budaya yang beradab, sumber daya manusia yang bermutu dan globalisasi.

Demokrasi Indonesia
Demokrasi Indonesia adalah suatu sistem politik yang diyakini untuk mencapai tujuan bernegara serta prinsip-prinsip yang menyertai perkembangan, pembaharuan, dan pengujian yang terus menerus. Semakin banyak prinsip dijalankan maka semakin demokratis negara tersebut. Indonesia sebagai negara yang merdeka setelah perang kedua juga tidak terlepas dari pasang surutnya sistem demokrasi. Prinsip-prinsip dan indikator demokrasi, perjalanan demokrasi di Indonesia dan arti pengtingnya pendidikan demokrasi di negara yang menyatakan diri sebagai negara demokrasi .
Istilah demokrasi berasal dari kata bahasa Yunani yakni demos dan kratos/certain. Demos berarti rakyat dan cretain berarti pemerintahan rakyat. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Banyak literatur yang ada yang diyakini oleh demokrasi berdasarkan pengalaman dari orang-orang Yunani kuno tepatnya di negara kota (polis) Athena pada tahun 500 SM.
Perkembangan demokrasi pada masa revolusi Kemerdekaan (1945-1949) terbagi dalam 3 priode sejalan dengan perkembangan politik di Indonesia yaitu priode 1945 -1959 demokrasi liberal, priode 1959-1966 demokrasi terpimpin dan priode 1966-sekarang adalah demokrasi Pancasila. Saat ini demokrasi di Indonesia dijalankan dengan proses pemilu yang bebas, jujur dan adil. Pemilu diikuti oleh partai politik.
Proses demokrasi di Indonesia bergerak relatip maju, namun kemajuan itu lebih banyak di dorong oleh keteguhan diri segahagian dari masyarakat sipil dengan media yang relatif bebas tersebut. Akan tetapi, media tidak sepenuhnya independen. Dengan adanya suatu pendidikan demokrasi diharapkan dapat memumbuhkembangkan budaya demokrasi sehingga dapat diterima dan dijalankan oleh warga negaranya dan membentuk warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Diharapkan juga semoga dapat membangkitkan kesadaran anak bangsa mengenai pentingnya demokrasi.

___
*Tulisan ini adalah untuk melengkapi tugas Civic Education

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes