Tips Mengkhatamkan Al-Qur'an Dalam Satu Pekan

Tidak ada yang mengingkari nilai ibadah membaca al-Qur'an. Banyak informasi dari hadis dan bahkan dari al-Qur'an sendiri tentang keutamaan dan nilai pahala membaca al-Qur'an.

Bisa mengkhatamkan keseluruhan al-Qur'an dalam satu minggu adalah sesuatu yang sangat baik. Setiap orang punya cara dan target yang berbeda dalam mengkhatamkan al-Qur'an. Ada yang khatam satu bulan atau satu juz satu hari.

Jika ingin meningkatkan kuantitas khatam al-Qur'an dari satu bulan menjadi satu pekan, berikut ini tipsnya.

Di kawasan anak benua India, al-Qur'an dibagi menjadi tujuh bagian yang hampir sama. Hal itu bertujuan agar memudahkan mengkhatamkan al-Qur'an dalam satu pekan. Bagian itu dinamai dengan manzil. Satu manzil untuk satu hari. Menyelesaikan bacaan al-Qur'an sebanyak tujuh manzil berarti mengkhatamkan al-Qur'an dalam tujuh hari atau satu pekan.

Mulai dari hari Ahad untuk manzil pertama. Yaitu mulai dari awal al-Fatihah sampai akhir al-Nisa'. Jika dihitung berdasarkan cetakan al-Qur'an versi saudi , ada 106 halaman.

Manzil kedua untuk hari Senin. Mulai dari awal al-Maidah sampai akhir al-Taubah. Agak berkurang sedikit dari manzil pertama yairu 101 halaman.

Manzil ketiga untuk hari Selasa. Mulai awal Yunus sampai akhir al-Nahl. Manzil ketiga ini hanya 73 halaman.

Manzil keempat untuk hari Rabu. Mulai awal al-Isra' sampai akhir al-Furqan. Manzil keempat ini berjumlah 84 halaman.

Hari Kamis masuk manzil kelima. Mulai awal al-Syu'ara' sampai akhir Yasin. Berjumlah 78 halaman. Bagi yang biasa yasinan setiap malam Jum'at, pas sekali menyelesaikan manzil kelima ini di hari Kamis malam Jum'at

Manzil keenam mulai awal al-Shaffat sampai akhir al-Hujurat. Manzil ini paling sedikit jumlah halamannya yang hanya 71 halaman.

Manzil terakhir mulai awal Qaf sampai akhir al-Nas. Berjumlah 86 halaman. Manzil terakhir ini biasa juga disebut dengan istilah al-Mufashshal. Mufashshal pun terbagi tiga bagian. Mufashshal panjang mulai Qaf sampai akhir al-Mursalat. Mufashshal pertengahan mulai al-Naba' sampai akhir al-Lail. Mufashshal pendek mulai dari al-Dhuha sampai akhir al-Nas.

Bagaimana cara menuntaskan target satu manzil dalam waktu satu hari? Mengingat jumlah halamannya bervariasi, mulai dari 71 sampai 106 halaman. Caranya lakukan dan lakukan dengan niat ikhlas karena Allah.

Hampir sama dengan cara mengkhatamkan al-Qur'an satu juz satu hari. Tinggal dibagi berdasarkan waktu shalat fardhu. Ambil contoh manzil terakhir yang berjumlah 86 halaman. Dibagi lima, maka satu kali shalat fardhu harus menuntaskan 17-18 halaman. Hampir satu juz.

Bisakah menuntaskan 17 halaman dalam satu kesempatan? Jika bisa alhamdulillah. Tapi ada cara lain yaitu 17 halaman itu dibagi dua sesi. Sesi sebelum masuknya waktu shalat tuntaskan 8 halaman. Selesai shalat tuntaskan 9 halaman. Demikian seterusnya setiap waktu shalat.

Untuk manzil pertama yang paling banyak halamannya yaitu 106 halaman atau 53 lembar. Maka sebelum salat fardhu baca 11 lembar. Sesudah shalat juga 11 lembar. Lima kali salat, selesai 106 halaman tersebut.

Berhubung jarak waktu magrib dan Isya tidak selonggar waktu yang lain, maka gunakanlah waktu yang lapang sesudah Isya untuk menggantinya.

Bagi yang biasa bangun shalat malam juga bisa mengejar ketertinggalan target satu manzil yang belum selesai. Jika sudah, dapat juga menyicil lebih awal manzil hari berikutnya. Karena pada hakikatnya hari sudah berganti sejak terbenamnya matahari.

Demikian tips mengkhatamkan al-Qur'an dalam satu pekan. Semoga Allah mampukan kita untuk mengkhatamkan al-Qur'an dalam satu pekan dan semoga kita  istiqomah dalam ketaatan kepada Allah. Aamiin yaa Mujib al-Sailin.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes