Tips Mengkhatamkan Al-Qur'an Dalam Satu Bulan

Pernah menyaksikan siaran langsung salat Tarawih dari Masjidil Haram Mekah? Bagi yang pernah menonton tentu tahu bahwa Imam membaca satu juz satu malam. Selama bulan Ramadhan khatamlah al-Qur'an dalam pelaksanaan shalat tarawih.

Itu dalam kondisi salat lho. Makmum mampu berdiri mendengarkan bacaan al-Qur'an sebanyak satu juz dalam kondisi berdiri. Bagaimana kalau dalam kondisi duduk dan tidak dalam kondisi salat? Tentu lebih mudah membacanya satu juz satu malam.

Ini bukan tentang program yang pernah populer satu juz satu hari itu. Ini tentang mengkhatamkan al-Qur'an dalam satu bulan.

Al-Qur'an dibagi menjadi 30 jus atau 60 hizb. Satu juz adalah dua hizb. Jika diperhatikan al-Qur'an versi cetakan Arab Saudi bahwa satu juz itu terdiri dari 20 halaman. Kecuali juz pertama yang ada tambahan dua halaman berbeda surah al-Fatihah dan lima ayat surah al-Baqarah. Begitu juga juz terakhir yang berjumlah 22 halaman. Selain juz pertama dan terakhir, satu juz berjumlah 20 halaman atau 10 lembar. Jadi total al-Qur'an 30 juz itu berjumlah 604 halaman. Silakan cek.

Kembali kepada topik. Bagaimana cara mengkhatamkan dalam satu bulan?
Cara sederhananya satu juz satu hari. Satu juz itu ada 20 halaman. Maka 20 halaman itu dibagi 5 waktu shalat sehingga menjadi 4 halaman. Setiap akan salat atau sesudah salat fardhu, baca 4 halaman. 4 halaman itu cuma 2 lembar. Jika ini rutin dilakukan, maka satu jus selesai dalam satu hari.

Itu untuk bilangan bulan 30 hari. Jika satu bulan ada 29 hari. Sesekali dilebihkan 1 halaman satu hari. Jika dibaca 21 halaman satu hari, maka 29 hari dapat dikhatamkan al-Qur'an. Mudahkan bukan? Selamat mencoba..


Baca juga:

Tips Mengkhatamkan Al-Qur'an Dalam Satu Pekan

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes