Di Antara Persoalan Ummat Saat Ini

Hari ini kami kembali ke almamater kami yang telah diresmikan penegeriannya. Kami tamat pada tahun 2004 dari Jurusan Tarbiyah. Setelah tamat dari STAI Gajah Putih, kami melanjutkan studi pascasarjana di Sumatera Utara.
Acara hari ini adalah respon positif kita terhadap hasil yang telah dikeluarkan oleh ulama sebagai bentuk tanggung jawab kita bersama kepada generasi kita, masyarakat kita. Sebab ilmu yang kita dapatkan mestinya dapat kita bagi dan diaplikasikan. Karena itu adalah harapan agama.
Kita melihat dari sisi atas perlahannya generasi kita meninggalkan nilai kultur adat, agama. Berangkat dari masalah yang kita saksikan dalam ruang publik di antaranya tingkat perceraian, mari kita kaji secara akademis. Rekor perceraian tertinggi saat ini adalah Aceh Tengah. Mari kita kaji adanya intervensi yang ada sebagaimana disampaikan oleh ketua STAIN Gajah Putih dalam pembukaan tadi.
Masalah lain adalah KDRT, penelantaran anak. Apakah karena faktor kurangnya keterlibat sistem pemerintah? Pergaulan remaja perlahan meninggalkan nilai agama dan budaya. Tindankan kriminal, pekerjaan maksiat yang melanggar agama masih kita lihat. Kurangnya even yang memberi penguatan nilai, kurangnya tanggung jawab pimpinan di level bawah (tingkat desa). Adanya perubahan pergeseran nilai-nilai budaya.
Dari seminar ini kami harapkan dapat disampaikan rekomendasi kepada pemerintahan. Dari fungsi kami sebagai dewan legislatif, kami akan melakukan fungsi legislasi mungkin dalam bentuk rancangan qanun yang belum diatur sebelumnya, maka kami siap melaksanaknnya.
Hari ini kami akan mengesahkan 6 qanun di antaranya qanun tentang Masyarakat Adat Gayo. Maka kami tidak bisa hadir sampai akhir acara ini. Kami sampaikan selamat melaksanakan seminar kepada semua peserta semoga seminar ini  menghasilkan ide dan pemikiran yang akan dapat kita gunakan ke depannya.

Itulah penyampaian Muchsin Hasan, M.SP, Ketua DPRK Aceh Tengah, Pada saat menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Dosen Jurusan Ushuluddin dan Dakwah STAIN Gajah Puith Takengon, Rabu, 23 Desember 2015 di Aula Biro STAIN Gajah Putih Takengon.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes