Beberapa Catatan Perbaikan Proposal Skripsi

Postingan ini berasal dari catatan yang sering disampaikan dalam merespon rancangan proposal skripsi mhs pada penelitian kepustakaan.
  1. Latar belakang masalah (lbm) sebaiknya terdiri atas landasan filosofis, teoritis dan faktual. Landasan filosofis dan teoritis ini selanjutnya dipertentangkan dengan kondisi faktual yang ada. Sehingga muncul beberapa masalah. Pada skripsi non prodi keagamaan, juga dapat menambahkan landasan religius yang berasal dari ayat Al-Quran atau hadis Nabi Saw. berupa menampilkan ayat dan penafsiran beberapa orang mufasir tentang topik yang menjadi fokus penelitian.
  2. Dari beberapa masalah yang muncul, pilih satu atau beberapa hal yang akan menjafi fokus penelitian. Ada juga yang menyebutnya dengan batasan masalah.
  3. Dari fokus penelitian itu dimunculkanlah pertanyaan. Pertanyaan penelitian ini ada yang menyebutnya rumusan masalah. Pertanyaan itu selanjutnya yang akan dijawab dalam tujuan penelitian. 
  4. Jika pertanyaan penelitiannya ada tiga, maka tujuan penelitiannya juga tiga. Tiga tujuan ini juga nanti yang akan muncul di kesimpulan pada bab terakhir.
  5. Manfaat penelitian berbeda dengan tujuan penelitian. Jika tujuan penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian, maka manfaat penelitian adalah nilai atau kegunaan penelitian. Kegunaan itu bisa secara khusus bagi kepentingan peneliti, dan dapat juga di luar kepentingan peneliti secara umum.
Demikian beberapa catatan. Semoga dapat membantu. Secara teknis dapat berdiskusi dengan pembimbing masing-masing. Jika postingan ini berbeda dengan arahan pembimbing, abaikan saja ini. Ikuti arahan pembimbing skripsi.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes