Jurnal>> PENERAPAN TAFSIR AL-QUR`AN BI AL-QUR`AN (Studi Atas Kitab Tafsir al-Mizan Fi Tafsir al-Qur`an Karya Muhammad Husain al-Thabathaba’i)

Kitab tafsir al-Mizan fi Tafsir al-Qur`an adalah karya terbesar Muhammad Husain al-Thabathaba’i, yaitu seorang mufassir dari kalangan muslim Syi’ah. Ada hal menarik dari kitab tafsir ini yaitu kitab tafsir ini tersebar tidak hanya di kalangan muslim Syi’ah, tapi juga tersebar luas di kalangan muslim Sunni. Di antara faktor penyebab diterimanya tafsir ini di kalangan muslim Sunni adalah karena kitab tafsir ini mengutamakan penggunaaan sumber bi al-ma’tsûr sebagai sumber penafsirannya. Satu di antara sumber penafsiran bi al-ma’tsûr adalah tafsir al-Qur’an yang berasal dari al-Qur’an. Fokus tulisan ini adalah tentang bagaimana Muhammad Husain al-Thabathaba’i menggunakan al-Qur’an sebagai sumber utama penafsirannya.

Selengkapnya baca di Jurnal Ushuluddin Vol. 24 No. 2, Juli-Desember 2016 yang diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) bekerjasama dengan Himpunan Peminat Ilmu-ilmu Ushuluddin (HIPIUS), ISSN:1412-0909 (Print) E-ISSN:2407-8247 (Online)

Jurnal Ushuluddin ini adalah satu dari empat jurnal terakreditasi B berdasarkan hasil akreditas Berkala Ilmiah Elektronik Periode I Tahun 2017 di lingkungan Dit. PTKI dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Jurnal ini juga telah terindeks oleh beberapa lembaga ternama.

Selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pdf-nya di halaman ejournalnya.


Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes