Keuntungan Mendaftar Kuliah Melalui Jalur UM-PTKIN


Apa Itu UM-PTKIN?
UM-PTKIN adalah singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. UM-PTKIN merupakan salah satu bentuk jalur masuk kuliah di kampus di bawah Kementerian Agama yaitu UIN, IAIN, dan STAIN. Jenis seleksi ini berlaku nasional. Artinya, seseorang yang berada di Papua bisa mendaftar kuliah di seluruh Indonesia. Dia bisa mendaftar kuliah di IAIN yang ada di Papua, IAIN di Aceh atau UIN di Pulau Jawa misalnya.

Untuk masuk PTKIN ada tiga jalur. Pertama jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Kedua jalur UM-PTKIN. Ketiga jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM). Khusus jalur ketiga diatur dan dikelola oleh masing-masing PTKIN secara mandiri. Sedangkan dua jalur pertama, SPAN dan UM PTKIN, diselenggarakan secara nasional dan dikelola oleh panitia pusat.

Apa Keuntungan Mendaftar Melalui Jalur UM-PTKIN?
Ada banyak keuntungan mendaftar kuliah melalui jalur UM-PTKIN. Di antaranya:

Pertama, bisa memilih dan mendaftar kuliah di kampus mana saja di Indonesia tanpa harus datang ke kampus tersebut.

Kedua, bisa memilih program studi apa saja di kampus yang dituju. Hal ini tidak akan didapatkan secara leluasa jika mendaftar melalui jalur ujian masuk mandiri.

Ketiga, ada kuota khusus yang disiapkan oleh setiap PTKIN untuk setiap program studi (prodi). Hal ini tidak akan didapatkan jika mendaftar melalui jalur ujian masuk mandiri. Biasanya, jika kuota sebuah prodi favorit dan diunggulkan telah terisi penuh pada jalur UM-PTKIN ini, maka tidak dibuka lagi pendaftaran prodi ini pada jalur ujian masuk mandiri.

Keempat, uang pendaftarannya seragam se-Indonesia. Kendatipun itu prodi favorit dan diminati banyak orang, namun uang pendaftarannya sama se-Indonesia.

Kelima, bebas memilih lokasi ujian di seluruh Indonesia. Pendaftar dari Sulawesi bisa mengambil lokasi tes di kampus PTKIN yang ada di Kalimantan.

Keenam, pelaksanaan ujian serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya pada beberapa kampus sudah berbasis komputer. Namun ada juga beberapa kampus yang pelaksanaanya berbasis kertas tergantung kesiapan kampus pelaksana ujian. Tapi soalnya dikelola secara nasional oleh panitia pusat.

Ketujuh,  mendaftar melalui jalur UM-PTKIN termasuk syarat untuk mengikuti seleksi beasiswa bidik misi yang disediakan oleh pemerintah. Artinya, jika berhasil masuk kuliah di PTKIN melalui jalur ini, maka mahasiswa bisa mengikuti seleksi beasiswa bidik misi yang disediakan oleh pemerintah. Pendaftar yang masuk melalui jalur ujian masuk mandiri tidak bisa ikut seleksi beasiswa bidik misi. Meskipun mereka mempunyai prestasi.

Bagaimana Cara Mendaftarnya? 
Klik saja https://um-ptkin.ac.id. Semua hal terkait ketentuan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal seleksi dan pilihan program studi ada di situs tersebut. Semoga berhasil masuk di kampus pilihannya. Aamiin

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes