Melihat KHS Mahasiswa Pada Aplikasi SIAKAD

Sistem administrasi akademik (SIAKAD) adalah aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa untuk seluruh keperluan akademik seperti kuliah, bimbingan dengan dosen wali atau bimbingan skripsi, istirahat atau cuti kuliah, dan aktivitas akademik lainnya.

Di antara rangkaian proses akademis sesudah ujian adalah menunggu nilai keluar. Daftar nilai biasa juga disebut KHS (Kartu Hasil Studi). Ya, dulunya sebelum ada sistem aplikasi jaringan, nilai hasil studi dicetak dalam bentuk lembaran kertas atau kartu. Sekarang, istilah kartu itu tetap dipakai kendati sudah beralih ke sistem aplikasi dan jaringan internet.

Penting: Mengetahui nilai atau KHS penting bukan hanya untuk mengetahui hasil kuliah semester berjalan, tapi juga sebagai patokan untuk mengambil beban kuliah di semester berikutnya. Ada ambang batas nilai untuk menentukan beban kuliah semester berikutnya.

Berikut ini cara mencek KHS pada aplikasi SIAKAD

Login ke akun Anda dengan username dan password Anda seperti pada gambar berikut ini
Setelah berhasil masuk, akan muncul tampilan Dashboard. Pada bilah kiri terdapat menu. Pilih menu Kartu Hasil Studi (KHS) seperti yang digaris merah pada gambar di bawah ini.


Setelah itu akan tampil nilai yang telah diperoleh selama perkuliahan mulai dari semester pertama sampai semester terakhir saat itu. Dalam contoh pada gambar ini tampak ada tiga semester yang sudah dilalui. Maka ada tiga semester juga KHS-nya.


Pada gambar tampak sengaja ditandai dengan garis merah, kuning dan hijau. Tanda yang digaris merah adalah nilai semester I. Satu garis merah adalah Indeks Prestasi (IP) Semester I atau nilai semester I. Garis merah dua adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester I yang masih sama dengan IP-nya. Begitu seterusnya garis kuning untuk semester II dan hijau semester III.

Berbekal nilai semeter tersebut, Anda bisa mengajukan Kartu Rencana Studi (KRS) semester berikutnya. Untuk pengajuannya silakan klik Pengajuan KRS pada bilah menu kiri. Jika keluar gambar seperti di bawah ini, berarti Anda belum bayar uang kuliah atau belum registrasi secara akademis.


Demikian panduan melihat KHS pada akun SIAKAD baru bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat. Aamiin.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes