Mendaftar Kuliah Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Agar Dapat Beasiswa

Saat ini telah dibuka pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi bahwa ada tiga bentuk penerimaan mahasiswa baru untuk kuliah di PTKIN (UIN/ IAIN/ STAIN) yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan UM Mandiri.

Jalur pertama yaitu SPAN-PTKIN. Jalur SPAN-PTKIN adalah pola seleksi online secara nasional oleh semua PTKIN tanpa ujian masuk, tapi dengan seleksi nilai rapor dan prestasi lain. Jika calon pendaftar yang berada di Papua ingin kuliah di PTKIN yang ada di Aceh, maka tidak perlu datang ke Aceh untuk mendaftar. Cukup mendaftar secara online melalui jalur SPAN-PTKIN.

Jalur masuk ini adalah jalur tanpa tes, tanpa biaya pendaftaran peserta. Dari beberapa tahun yang sudah berjalan, jalur SPAN-PTKIN adalah jalur masuknya calon penerima beasiswa Bidikmisi Kementerian Agama RI. Jika ingin mendapatkan beasiswa, maka sangat disarankan calon mahasiswa mendaftar melalui jalur pertama ini.


Cara Mendaftar di Jalur SPAN-PTKIN

Untuk dapat diterima di kampus PTKIN favorit dan pilihan, peserta tidak bisa mendaftar sendiri dan langsung ke kampus yang dituju. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke operator komputer di sekolahnya masing-masing. Pihak sekolah harus memastikan sekolahnya sudah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dengan lengkap dan benar. 

Tahap kedua yaitu pihak sekolah mendaftar melalui halaman https://pdss.span-ptkin.ac.id/page. Pada halaman ini akan diberikan informasi 
  • Untuk sekolah yang pernah daftar SPAN-PTKIN di tahun sebelumnya, silakan login menggunakan password yang lama atau silakan cek email kepala sekolah yang didaftarkan sebelumnya.
  • Untuk sekolah yang lupa email kepala sekolah atau sekolah yang belum pernah mendaftar di SPAN-PTKIN silakan melakukan registrasi kembali dengan meng-klik Daftarkan Sekolah

Di bagian bawah halaman ini juga terdapat solusi bagi sekolah yang belum terakreditasi atau belum mempunyai NPSN
"Bila Sekolah Anda belum terakreditasi atau belum memiliki NPSN,
Sekolah Anda tetap dapat mengikuti SPAN-PTKIN dengan mengajukan permohonan NPSN ke sekretariat."
Selanjutnya pihak sekolah silakan mengikuti instruksi yang disampaikan di halaman tersebut sampai mengentry data siswa dan mendapatkan login siswa.

Tahapan ketiga yaitu tahapan ketika siswa sudah diberikan akun untuk log.in oleh pihak sekolah di alamat https://siswa.span-ptkin.ac.id/page. Pada tahapan ini siswa harus melakukan entry biodata, memilih program studi tujuan, melengkapi data, mencetak kartu peserta dan terakhir menunggu pengumuman kelulusan.

Tips Agar Lulus SPAN-PTKIN
Panitia akan membuat peringkat siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2018. Kendatipun UN belum diadakan, nilai yang diambil adalah nilai rapor dari semester satu hingga semester lima bidang studi yang di-UN-kan itu. Oleh karena itu, penting bagi para siswa calon pendaftar untuk menyerahkan rapor hasil belajar kepada pihak operator sekolah yang mendaftarkan.

Berikut ini jadwal seleksi sebagaimana dirilis oleh panitia di situs SPAN-PTKIN


Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes