Tanya Jawab Seputar SPAN-PTKIN


Apa Itu SPAN PTKIN?

SPAN PTKIN adalah singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. SPAN PTKIN merupakan salah satu bentuk jalur masuk kuliah di kampus di bawah Kementerian Agama yaitu UIN, IAIN, dan STAIN. Jenis seleksi ini berlaku nasional. Artinya, seseorang yang berada di Papua bisa mendaftar kuliah di seluruh Indonesia. Dia bisa mendaftar kuliah di IAIN yang ada di Papua, STAIN di Aceh atau UIN di Pulau Jawa misalnya.

Apa Keuntungan Mendaftar Melalui Jalur SPAN PTKIN?

Ada banyak keuntungan mendaftar kuliah melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional. Di antaranya:

Pertama, bisa memilih jurusan apa saja di kampus mana saja di Indonesia. 

Kedua, pendaftaran gratis. Peserta tidak dipungut uang pendaftaran.

Ketiga, tidak ada ujian atau tes baik secara lisan maupun tertulis. Seleksinya hanya berkas seperti rapor dan surat keterangan.

Keempat, Mendaftar bisa dibantu operator sekolah. Calon pendaftar tidak mendaftar sendiri. Tapi melalui operator sekolah. Paling tidak, bagi calon pendaftar yang tidak memiliki akses internet sendiri, bisa dibantu oleh pihak sekolah.

Kelima, mendaftar melalui jalur SPAN adalah syarat untuk mengikuti seleksi beasiswa bidik misi yang disediakan oleh pemerintah. Artinya, jika berhasil masuk kuliah di PTKIN melalui jalur ini, maka mahasiswa bisa mengikuti seleksi beasiswa bidik misi yang disediakan oleh pemerintah.

Bagaimana Cara Mendaftarnya? 

Klik saja https://span-ptkin.ac.id/page. Semua hal terkait ketentuan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal seleksi dan pilihan program studi ada di situs tersebut. Semoga berhasil masuk di kampus pilihannya. Aaminn.

Share this:

4 comments :

  1. Assalamu'alaikum
    Kak, saya mau tanya saya sudah lulusa
    SPAN PTKIN
    Apa saya masih bisa pindah jurusan ke jurusan yg lain tanpa tes ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tahun-tahun sebelumnya peserta yang lulus span ptkin tidak bisa mendaftar ulang kecuali pada pilihan program studi yang diambilnya. Untuk pindah jurusan mungkin harus daftar baru. Tentunya melalui jalur um ptkin. Tapi info lebih tepatnya dapat ditanya di kpus tujuan.
      Semoga jawaban ini sedikit membantu.
      Tetap semangat

      Delete
  2. kak bagaimana jika lupa mengunggah foto rapot dan terlanjur sudah finalisasi?

    ReplyDelete
  3. kak saya sudah finalisasi dan saya sudah cetak kartu dan kartu saya benar² foto profil saya, tpi setelah saya buka lagi ko profil saya gnti foto rapot mohon bantu di jwab kak

    ReplyDelete

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes