Libur "Panjang" Tahun 2020

Pasca ditetapkannya libur nasional dan cuti bersama tahun 2020 oleh pemerintah, ada hal yang menarik untuk disoroti yaitu libur panjang. Istilah libur panjang di sini bukan libur akhir semester atau caturwulan di sekolah. Tapi yang dimaksud dengan libur panjang di sini yaitu libur akhir pekan yang panjang. Biasa juga disebut dengan istilah long weekend.

Ilustrasi: Berlibur di pantai. 
Lokasi Lhok Nga Aceh
Bagi sebagian orang, terutama mereka yang bekerja terikat jadwal dan hari kerja resmi, adanya long weekend adalah sebuah kesenangan tersendiri. Karena long weekend dapat digunakan untuk berlibur. Agar dapat merencanakan libur dengan baik, maka penting untuk mengetahui kapan saja waktu long weekend di tahun 2020.

Pertama, ada tiga hari libur di bulan April. Mulai dari tanggal 10 April sampai 12 April 2020. Tanggal 10 April jatuh pada hari Jumat. Bertepatan dengan hari libur nasional wafat Isa Almasih.


Kedua, libur tiga hari juga pada bulan berikutnya. Tepatnya pada tanggal 1 Mei sampai tanggal 3 Mei 2020. Hari buruh 1 Mei 2020 jatuh pada hari Jumat. Sehingga pekan pertama bulan Mei menjadi long weekend.

Masih di bulan Mei, long weekend ketiga jatuh pada akhir bulan Mei yang disambut oleh awal bulan berikutnya. Karena tanggal 1 Juni sebagai libur hari lahir Pancasila jatuh pada hari Senin, maka semenjak hari Sabtu tanggal 30 Mei sampai hari Senin tanggal 1 Juni 2020 menjadi long weekend.

Selanjutnya long weekend keempat juga terjadi di akhir bulan dan disambut oleh bulan berikutnya.  Tepatnya pada tanggal 31 Juli hari Jumat sampai Minggu tanggal 2 Agustus 2020. Jumat 31 Juli adalah hari libur Idul Adha 1441 Hijriah. Sehingga hari Sabtu dan Minggu sebagai hari tasyri' masih bisa libur.

Long weekend kelima terdapat pada bulan berikutnya. Karena tanggal 17 Agustus 2020 jatuh pada hari Senin, maka jadilah long weekend sejak hari Sabtu tanggal 15 Agustus. Lumayan, ada tiga hari yang bisa digunakan untuk berlibur. Tentunya ini hanya berlaku bagi mereka yang tidak ikut upacara pada tanggal 17 Agustus tersebut. Selain libur menyaksikan karnaval atau lomba makan kerupuk di tempat tinggal kita, kita bisa berlibur menyaksikan uniknya perayaan kemerdekaan di tempat lain.

Terakhir, di akhir tahun ada long weekend yang sangat panjang. Karena tidak tiga hari. Melainkan empat hari. Dimulai dari hari Kamis tanggal 24 Desember sebagai hari cuti bersama Natal sampai hari Ahad tanggal 27 Desember 2020.

Demikian ulasan tentang libur panjang tahun 2020. Semoga bermanfaat dalam rangka merencakanakan liburan Anda.

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes