Profil Kabupaten Penajam Paser Utara


Nama Kabupaten Penajam Paser Utara (PSU) tiba-tiba menjadi pembicaraan dan pembahasan banyak orang. Hal itu dikarenakan kabupaten ini didaulat menjadi satu dari dua daerah yang akan menjadi ibu kota baru Republik Indonesia.

Image: BPS Kab. PSU
Di banding nama Kabupaten Kutai Kartanegara, nama kabupaten PSU tidak familiar bagi banyak masyarakat Indonesia. Nama Kutai Kartanegara sudah populer bagi banyak orang. Bagi pecinta liga Indonesia misalnya, mereka tahu ada klub kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur yaitu Mitra Kutai Kartanegara. Kutai Kartanegara juga dikenal sebagai kabupaten terkaya di Indonesia.

Postingan kali ini akan mengetengahkan sekilas tentang profil kabupaten ini. Dikutip dari Kabupaten Penajam Paser Utara Dalam Angka 2019, disampaikan bahwa kabupaten yang beribu kota di Penajam ini memiliki luas 3333,06 kilometer persegi. Terdiri atas wilayah daratan 3060,82 kilometer persegi dan luas wilayah lautan 272,24 kilometer persegi. Kabupaten ini terletak 00048’29’’ – 01036’37’’ lintang selatan dan 116019’30’’ – 116056’35’’ bujur timur.

Di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu dan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Samboja Kota Balikpapan dan Selat Makasar. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Bongan Kabupaten Kutai Barat dan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser.

Kabupaten ini terdiri atas empat kecamatan yaitu Babulu, Waru, Penajam dan Sepaku. Kecamatan Sepaku adalah kecamatan terluas dengan luas daratan 1172,36 kilometer persegi tanpa ada wilayah lautan. Sementara tiga kecamatan lainnya memiliki wilayah lautan.  

Baca Juga:
Kekayaan alam Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara

Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes